[moments] Kuburan dan Sholat Subuh di Musholla

Standard

Jika akan ke musholla dekat rumah, Abdan biasanya melewati kompleks kecil kuburan keluarga milik tetangga kami. Di kompleks kuburan ini ada sekitar +/- 10-15 kuburan. Letaknya persis dibelakang rumah kami. Jadi, kalau kami membuka pintu belakang, sudah terlihat pemandangan kuburan-kuburan tersebut. Terus terang seumur hidup saya tinggal disini, tidak pernah saya temui kejadian yang aneh-aneh. Walaupun seingat saya semasa kecil kalau saya melewatinya, sering saya tergesa berlari, karena saya takut mendengar cerita ini itu tentang kuburan tersebut dari teman-teman. Atau seringkali sepulang mengaji sore bareng teman-teman, kami lari serempak ketika melewati kuburan tersebut. Kalau sekarang sih, hampir tiap malam buta mesti ke dapur, yg letaknya temboknya bersebelahan persis dgn kompleks kuburan tersebut, untuk mengambil susu Aqilla. Bahkan orang dewasa pun agak enggan lewat jalan tersebut kalau malam, lebih memilih melewati jalan raya untuk ke musholla, walaupun jadi lebih jauh. Yah.. image kuburan lah yaa…

Makanya saya agak terkesima ketika Abdan selalu sholat berjama’ah di musholla melewati jalan tersebut. Entah sholat ashar, magrib, isya bahkan subuh, Abdan berjalan ke musholla. Kadang bersama ayahnya jika ayahnya sudah pulang kerja, atau sendirian. 2 hari berturut-turut kemarin karena ayahnya sedang ke luar kota, abdan berjalan sendirian ke musholla untuk sholat subuh berjama’ah.

Memang saya tidak pernah cerita apa-apa tentang kompleks kuburan itu, jadi abdan ya ga tahu apa-apa. Ya memang ga pernah ada apa-apa juga 😀. Kebetulan juga disini anak seumuran abdan sedikit sekali dan Abdan tidak mengaji di musholla dekat sini, jadi dia juga hampir tidak pernah mendengar cerita apa-apa dari kawan-kawan dirumah. Padahal masih sering saya dengar derap kaki anak-anak tetangga berlari karena ketakutan ketika melewati jalan itu jika mereka akan pergi ke musholla untuk mengaji.

Masya Allah, Alhamdulillah… salah satu rejeki yang patut disyukuri.

About Rika

Bunda 3 anak yang mudah-mudahan selalu bersemangat belajar. Sedang hobi memasak, terutama memasak kue. Suka membaca dan menulis. Saat ini, sedang berusaha bergulat menyeimbangkan antara pekerjaan rumah sehari-hari tanpa asisten rumah tangga dan meng-home education-kan ketiga anaknya, Abdan Syakuro, Aisha Ain Al Saba dan Aqilla Ibtihal Imani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s