Cara Kami Belajar Membaca Al Quran

Standard

Ini cara yang beberapa waktu ini saya coba kepada anak-anak dalam belajar membaca Al Quran. Tulisan ini semata hanya pengalaman yang sudah kami lakukan dirumah. Saya tulis disini, mudah-mudahan bisa menjadi masukan. Untuk saat ini, cara ini berhasil. Tidak menutup kemungkinan untuk berubah dikemudian hari, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Untuk Abdan, saat ini sebenarnya di sekolah sudah Iqro 5. Aisha di pengajian sudah Iqro 3. Dirumah, saya langsung ajarkan untuk baca Al Quran. Al Qur’an yang saya pakai adalah Syamil Al Qur-an Terjemah Perkata. Tips ini saya dapat dari Bunda Azzam, Jazakillah ya Bun😉.

Syamil Al Quran Perkata yang dipakai dirumah. Gambar dari http://bit.ly/16mlwlu

Syamil Al Quran Perkata yang dipakai dirumah. Gambar dari http://bit.ly/16mlwlu

Di Syamil Al Quran ini kata-kata dalam setiap ayat dicetak agak berjarak antara satu dan lainnya, dan dibawahnya ada arti masing-masing kata. Untuk yang biasa membaca Iqro, memakai Al Quran seperti ini mempermudah, karena yang dibaca bisa kata perkata, seperti ketika membaca iqro. Anak-anak merasa lebih ringan, karena yang harus dibaca/dihadapi sedikit-sedikit. Anak juga lebih percaya diri, karena merasa sudah bisa membaca Al Quran, dengan menempuh kata-perkata. Untuk Abdan, yang sekarang berjalan, membaca 1-2 ayat pendek perhari. Kalau panjang, 1 ayat saja. Untuk Aisha, targetnya 1 ayat perhari. Tapi kadang baru satu atau dua atau tiga kata sudah berhenti, ya tidak masalah. Besok lanjut lagi di kata yang kemarin belum selesai.

Kelebihan yang lain, karena terjemahannya perkata, anak bisa belajar bahasa arab. Dirumah, saya pasang karton putih di dinding untuk menuliskan kata-kata yang baru saja mereka baca. Tidak semua kata di tulis, tapi kata-kata yang di Al Quran sering muncul. Yang sudah ada, As samaawat (langit). Al Ard (bumi), Al Huda (petunjuk).

Karton untuk menulis kata-kata bahasa arab. Paling atas itu judulnya, "Perbendahaaraan Kata Bahasa Arab". Tulisnya suka-suka, dimana saja :)

Karton untuk menulis kata-kata bahasa arab. Paling atas itu judulnya, “Perbendahaaraan Kata Bahasa Arab”. Tulisnya suka-suka, dimana saja🙂

Ditulis bahasa arab dan artinya. Kadang saya yang menulis bahasa arabnya, kadang anak-anak. Kami mencontoh tulisan yang ada di Al Quran. Harapannya, mereka familiar dengan kata-kata yang sering diulang dalam Al Quran sehingga mempermudah ketika menghafal Al Quran, juga pemahaman arti dari ayatnya.

Setelah selesai ayat yang mereka baca, saya biasakan untuk membaca terjemahannya. Ini bagian yang menarik dan bonus yang asyik. Biasanya akan ada pertanyaan yang banyak dari anak-anak dan bisa jadi bahan diskusi yang menarik. Saya suka sekali bagian ini, karena saya bisa menyusupkan hal-hal yang saya mau dengan sukses. Ketika mereka bertanya, perhatiannya penuh menyimak jawaban-jawaban dari saya. Nanti jika nyambung, bisa dikaitkan dengan hal-hal yang menjadi perhatian saya, atau memang saya niatkan sebelumnya untuk disampaikan kepada anak-anak. Pemahamannya jadi lebih baik dibandingkan jika inisiatif membahas datang dari saya.

Demikian cara belajar membaca Al Quran yang sudah dan sedang berjalan dirumah. Silahkan di coba dan diadaptasi dengan kondisi dirumah masing-masing😉

Leave a Reply

