Cara menghapal & membaca Al Quran untuk anak-anak (Notes to my self)

Standard

Tulisan ini disarikan dari tulisan di blog raising sahabas, dan ini lebih bersifat catatan untuk saya pribadi. Silahkan membaca lebih lanjut di blog tersebut untuk artikel aslinya.

  1. Sambil menghapal, membaca Al quran (kitabnya)
  2. Setiap kata yg dibaca, dilihat juga tulisannya di Al Quran, jadi anak mengenali bentuk tulisan katanya dan pengucapannya dengan membacanya.
  3. Bisa dikembangkan dengan permainan, misalnya, dimana letak kata kautsar dalam surat tersebut. Anak menunjuk pada kata yg dimaksud.
  4. Bisa juga dengan ada kata-kata yg diulang, seperti kalla, dihitung berapa kali ada dalam satu surat tersebut.
  5. Untuk permainan lain, bisa misalnya kita menyebutkan satu ayat, dalam satu halaman.. misalnya kul yaa ayyuhal kafirun.. ada dimana dihalaman tersebut ayat itu..
  6. Bisa juga kita menunjuk pada satu surat, (dengan memakai kitab Al Quran tanpa terjemahan/tanpa trans literasi) lalu menanyakan kepada anak, surat apakah ini.. anak akan membaca ayat pertama dan bisa mengenali surat apakah itu
  7. Bisa juga ada pengenalan angka dalam bentuk permainan dengan menunjuk angka dan menyebut angka berapa dlm bhs Indonesia dan bahasa arab.
  8. Menceritakan asal turunnya surat dan artinya secara garis besar sebelum menghapal surat itu sendiri (bisa ketika circle time)

gambar dari kumpulan gambar islam

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s