Perkembangan Bobocah : Abdan dan Google Terjemah

Standard

Abdan dan Google Terjemah

Seperti anak-anak seumurannya, Abdan juga menggemari game. Game yang di sukainya adalah game di komputer dan play station. Aku memang tidak keberatan jika Abdan bermain game, tergantung game apa yang dimainkan.

Kebanyakan game-game yang dimainkannya berbahasa inggris. Banyak hal yang dia tidak mengerti, dia sering tanya padaku. Untuk kata-kata yang aku tahu, tentu saja aku jawab. Tapi ada juga kata-kata yang tidak aku mengerti, maka aku mencarinya di kamus. Salah satu kamus yang biasa aku gunakan tentu saja Google Terjemah. Lama-kelamaan, daripada aku yang mencari kata-kata yang dia perlu, akhirnya aku mengajarkan Abdan cara menggunakan Google Terjemah. Hingga saat ini setiap kali dia menemui kesulitan dalam mengartikan kalimat atau kata-kata dalam bahasa inggris, dia tidak serta-merta menanyakan kepadaku, tapi dia cari di Google Terjemah. Dia menjadi lebih mandiri dalam mencari tahu kata-kata atau kalimat yang dia merasa perlu tahu, tanpa perlu aku menjadi perantara. Menurutku keterampilan menggunakan Google Terjemah atau software penterjemah lainnya merupakan salah satu keahlian yang penting dimiliki, jika kita tidak bisa berbahasa inggris. Karena kebanyakan ilmu pengetahuan yang berada di internet  berbahasa inggris, maka otomatis ketika hambatan bahasa bisa teratasi, ilmu pengetahuan yang bisa kita dapatkan akan menjadi lebih luas.

Abdan sudah terbiasa menggunakan mesin pencari Google untuk mencari hal-hal yang ingin dia ketahui. Maka mempelajari Google Terjemah tidak terlalu sulit. Memang kelemahannya hasil terjemahan kalimat dari Google Terjemah seringkali aneh atau berantakan. Maka dari itu, penting untuk mengaitkannya pada konteksnya. Sedikit banyak, ia bisa mengerti apa yang dimaksud. Semoga keahlian Abdan menggunakan Google Terjemah akan terganti dengan keahlian berbahasa inggris🙂

One response »

Leave a Reply

