Perkembangan Bobocah : Aqilla

Standard

lokasi pitakšŸ˜€

Bulan ini Aqilla berumur 2 tahun 2 bulan. Berikut hal-hal yang sudah bisa dilakukan Aqilla :

  1. Berbicara dengan 2 – 3 suku kata dengan pengucapan lumayan jelas. Sebagian kata-kata bisa dimengerti oleh orang yang tidak sehari-hari bersama Aqilla.
  2. Sudah lumayan mahir menggunakan mouse komputer. Awalnya aku sering melihat kalau dia suka mencoba mengklik apa yang ada dilayar komputer. Tapi karena ukuran mouse terlalu besar dibandingkan dengan ukuran telapak tangannya, maka sering salah klik menjadi klik kanan. Akhirnya aku minta supaya ayah membelikan mouse yang kecil, yang biasanya dipakai untuk mouse laptop. Setelah itu Aqilla menjadi lancar menggunakan mouse. Sudah tahu mana yang akan di klik dan diklik dengan benar. Tapi double klik belum bisa.
  3. Sudah mahir memainkan games chrome walking the dog (sesame street). Sudah bisa membedakan anjing diantara binatang yang lain. Sudah bisa juga mengklik sendiri games ini di wall browser chrome.
  4. Sudah bisa memainkan game masak-masak. Games yang sudah pernah dimainkan di http://www.topcookinggames.com adalah games membuat bruschetta dan spaghetti bolognese. Sudah bisa mengklik bahan-bahan yang harus di potong dan alat-alat yang digunakan. Awalnya aku memerintahkan bahan apa yang harus di potong, sesuai dengan petunjuk di gamenya. Tetapi lama kelamaan dia sudah tahu mana yang harus diklik, walaupun belum semua. Mungkin karena kedua games ini masih diulang terus, jadi Aqilla sudah hapal.
  5. Sudah bisa mengklik ikon Windows Media Player ketika dia ingin mendengarkan lagu. Biasanya ketika Windows Media Player sudah terbuka, dia langsung mengklik tombol segitiga play. Lagu favoritnya sekarang ini Insya Allah, Barrakallahu, Ya Nabi Salam Alaika (Maher Zain) dan lagu-lagu Barney.
  6. Sudah bisa menyalakan komputer (PC) sendiri.
  7. Sudah bisa memainkan game di HP Android ayah. Kalau ini dia sudah mandiri melakukan sendiri dari meminjam HPnya kepada ayah sampai memilih dan memainkan gamenya (game tullishape, Baby TV) dari sejak umur +/- 1,5 tahun.
  8. Sudah bisa memakai celana sendiri.
  9. Membuka dan menutup pintu.
  10. Menggunakan gunting sendiri. Sudah tahu jari-jari apa yang dimasukkan ke lubang guntingnya. Berhasil menggunting kertas menjadi guntingan-guntingan kecil. Menggunting rambutnya sendiri dan menggunting sprei bunda adalah efek samping yang tidak diharapkanšŸ˜›.
  11. Ikut aktif dalam permainan. Sudah bisa menjadi partner main kakaknya, Aisha. Biasanya bermain boneka atau jualan.
  12. Membereskan mainannya sendiri jika diminta. Tapi belum konsisten, kadang mau kadang tidak.
  13. Sudah jelas mengucapkan namanya sendiri tanpa cadel.
  14. Berlari dengan baik dan senang memanjat.

Menurut parameter perkembangan umur 2-3 tahun yang ku baca di Rumah Inspirasi, dari 20 perkembangan yang ada, sebagian besar sudah bisa dilakukan Aqilla. Beberapa yang belum memang karena aku belum pernah melihatnya melakukan hal-hal tersebut. Mungkin kedepannya akan aku coba lakukan stimulasi hal-hal tersebut kepada Aqilla.

Perkembangan yang pesat akhir-akhir ini memang yang berhubungan dengan penggunaan komputer. Apa karena bapake programmer yak?šŸ˜€

About Rika

Bunda 3 anak yang mudah-mudahan selalu bersemangat belajar. Sedang hobi memasak, terutama memasak kue. Suka membaca dan menulis. Saat ini, sedang berusaha bergulat menyeimbangkan antara pekerjaan rumah sehari-hari tanpa asisten rumah tangga dan meng-home education-kan ketiga anaknya, Abdan Syakuro, Aisha Ain Al Saba dan Aqilla Ibtihal Imani.

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s