Recomended Book : Quick and Fun Games for Kids, Kumpulan Permainan Yang menyenangkan untuk Anak

Standard
buku quick games

cover depan buku

Saya menemukan buku ini di toko buku bekas langganan dengan harga Rp. 14.000. Buku ini karangan Grace Jasmine yang diterbitkan oleh penerbit Bookmarks Surabaya. Buku ini terdiri dari 2 buku, Buku I dengan tema Permainan Dalam Ruangan dan Buku II dengan tema Permainan di Luar Ruangan. Sayang sekali di toko buku yang ada cuma buku I saja. Saya tertarik karena saya bukan tipe orang yang bisa secara spontan membuat permainan untuk anak-anak. Buku ini membantu sekali, karena memberikan contoh permainan yang bisa dilakukan didalam rumah. Permainan dalam buku ini dibagi kedalam sub-sub bab per ruangan, yaitu :

  • Permainan di Dapur
  • Permainan di Kamar Mandi
  • Permainan di Ruang Makan
  • Permainan Bebas
Setiap sub bab permainan terdiri dari 12-20 ide permainan. Ada permainan yang memerlukan peralatan yang harus disiapkan sebelumnya, ada pula permainan yang menggunakan apa yang ada dirumah.

Salah satu permainan yang sudah saya coba adalah “Tebak di Ruangan Manakah Aku”. Dalam permainan ini, kita memberikan ciri-ciri ruangan yang akan di tebak oleh anak. Contoh : Di ruangan ini ada sikat gigi, ada sabun, juga ada shampo. Di ruangan manakah aku? Awalnya saya yang memberikan tebak-tebakan, setelah beberapa lama bergantian anak saya yang memberikan tebak-tebakan dan saya yang menjawab. Saya juga mencoba memodifikasi permainannya dengan tebakan-tebakan “Tempat Apakah Ini”. Misalnya : tempat ini banyak sekali pasir, ada angin yang banyak, ada ombak dan air yang asin.. tempat apakah ini?

Berikut beberapa foto dari dalam buku tersebut :

daftar permainan di dapur

daftar permainan di dapur

daftar permainan di kamar mandi

Daftar permainan di kamar mandi

About Rika

Bunda 3 anak yang mudah-mudahan selalu bersemangat belajar. Sedang hobi memasak, terutama memasak kue. Suka membaca dan menulis. Saat ini, sedang berusaha bergulat menyeimbangkan antara pekerjaan rumah sehari-hari tanpa asisten rumah tangga dan meng-home education-kan ketiga anaknya, Abdan Syakuro, Aisha Ain Al Saba dan Aqilla Ibtihal Imani.

Leave a Reply

