Perkembangan Bobocah

Standard

Aqilla

Aqilla di umur 21 bulan ini, sudah bisa mengucapkan beberapa kata untuk menunjuk kepada orang/benda. Diantaranya :

Aisha = Ais

Abdan = Abdah

Syamil = Amih

Susu = Su

Bunda = Na

Ayah = Ayah

Buku = Bobo (jauh amat ya!)

Minum = Numno

Aqilla juga sudah mengerti perintah. Mengambil susu sendiri, membuang sampah ke tempat sampah, membuang popok bekas pakai ketempat sampah dan menaruh pakaian kotor sebelum mandi ke mesin cuci adalah beberapa perintah yang sudah bisa dikerjakan. Aqilla juga bisa menolak “ga mau” ketika dia diminta melakukan sesuatu, atau tidak mau makan. Menurutku perkembangannya yang paling lucu dan menyenangkan adalah jika diberi sesuatu sudah bisa berkata “siiihhh” alias terima kasih tanpa harus diingatkanšŸ˜€. Walaupun ini belum konsisten.

Aisha

Di usia 4 tahun ini Aisha sudah mengenal banyak huruf dan angka. Penambahan sederhana dengan jari tangan juga sudah bisa. Dia sangat tertarik dengan memasak, pekerjaan rumah, seperti mencuci piring dan menyapu. Tapi cooking time merupakan waktu favoritnya. Iqronya sudah sampai Iqro 2, namun latihan membacanya masih belum rutin. Perkembangan Aisha yang paling membahagiakan dan membuat haru menurutku adalah perkembangan sosialnya. Subhanallah dia sangat sayang sekali adiknya. Dia tahu bahwa adiknya itu harus dijaga. Maka jika adiknya main keluar rumah, dia tidak pernah membiarkannya sendirian. Kalau Aisha ingin main di dalam rumah, adiknya akan ikut dibawa ke dalam rumah. Kalau adiknya tidak mau, maka Aisha akan mengadu kepadaku, “Bunda, itu gimana Aqilla ga mau masuk, nanti kalau ada yang culik gimana?”

Aisha juga rajin sekali momong adiknya, bahkan tanpa disuruh. Kalau aku sedang repot di dapur, lalu Aqilla menyusul juga ke dapur, maka Aisha akan mengajak adiknya bermain, mengalihkan adiknya agar tidak mengganggu aku didapur. Sehari-hari Aisha dekat sekali dan senang bermain dengan adiknya. Bahkan ketika Aqilla menangis karena baru bangun tidur maka Aisha akan lebih dulu menghampiri adiknya, sambil mengambil posisi mengeloni adiknya. Maka kata favorit yang seringkali di ucapkan Aqilla adalah “Ais.. Ais..” Bukan tidak pernah sih mereka bertengkar. Penyebabnya seringkali karena berebut mainan. Namun kedekatan Aisha dengan adiknya adalah salah satu hal yang sangat ku syukuri.

Abdan

Abdan di usia 7 tahun, sekarang sudah naik kelas 2. Salah satu hobinya yang paling disukai selain main game adalah mengerjakan craft, terutama origami. Ketertarikannya kepada Bahasa Inggris juga sangat terlihat. Dia sering bertanya tentang arti kata-kata dalam Bahasa Inggris, pronunciationnya juga sudah lumayan baik. Dan memang dia bilang terus terang bahwa dia menyukai Bahasa Inggris. Bila ada kalimat dalam Bahasa Inggris yang dia tidak mengerti, biasanya dalam game yang dia mainkan, dia sudah bisa mandiri mencari artinya di Google Terjemah. Tapi dia masih belum mau untuk diajak berbicara Bahasa Inggris di rumah. Walaupun begitu, sedikit-sedikit dia sudah bisa mengerti kalimat dalam Bahasa Inggris. Abdan juga mudah sekali diberi pengertian dan tipe penurut. Sudah mulai dibiasakan untuk mencuci piring bekas makannya sendiri, membantu pekerjaan rumah dengan membuang sampah secara rutin tiap hari. Abdan juga menjadi tangan kananku untuk urusan belanja ke warung. Walaupun dia masih belum terlalu paham nilai uang. Maksudnya jika belanja sekian dengan uang sekian, kembalinya berapa itu dia masih sering bingung. Maklum, Abdan jarang jajan, jadi jarang “pegang” uang. Dia sudah mengerti bahwa ada makanan yang baik dan ada yang mengandung zat yang tidak baik untuk badan, dan dia patuh untuk tidak memakannya, kecuali potato chips hihihihi…šŸ˜€. Abdan juga sayang adik-adiknya dan mau memomong adik-adiknya, walaupun belum berinisiatif seperti Aisha. Abdan juga sudah bisa menjadi imam sholat untuk adik-adiknya, dan bisa diminta tolong untuk mengajarkan kepada adiknya hal-hal yang dia sudah tahu lebih dulu. Misalnya tadi aku minta Abdan untuk mengajarkan Syamil cara berwudhu. Tapi memang Pak Guru Abdan masih perlu di latih untuk bersabar dalam mengajaršŸ˜€.Ā  Menurutku perkembangan Abdan yang menyenangkan adalah sifat kritis dan rasa ingin tahunya yang tinggi. Seringkali dia bertanya banyak pertanyaan dan beberapa bahkan tidak bisa aku jawab karena memang belum tahu. Untung ada oom Google yang selalu siap membantu menjawab segala pertanyaan. So, bersama-sama kita cari di Google jawabannya.

About Rika

Bunda 3 anak yang mudah-mudahan selalu bersemangat belajar. Sedang hobi memasak, terutama memasak kue. Suka membaca dan menulis. Saat ini, sedang berusaha bergulat menyeimbangkan antara pekerjaan rumah sehari-hari tanpa asisten rumah tangga dan meng-home education-kan ketiga anaknya, Abdan Syakuro, Aisha Ain Al Saba dan Aqilla Ibtihal Imani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s