Pembelajar Mandiri

Standard

Karena sering membaca blog rumah inspirasi, konsep tentang pembelajar mandiri menjadi konsep yang sangat menarik bahkan sekarang menjadi salah satu tujuan dalam belajar kami. Menurutku orang-orang yang seperti ini merupakan orang-orang yang istimewa dan tangguh. Aku juga sudah pernah bertemu dan “berteman” dengan orang seperti ini. Subhanallah aku merasa sangat beruntung mengenalnya. Sampai sekarang pun ilmu yang dipunyai dan sengaja ditularkannya belum semua berhasil aku serap.

Anak-anak pun sudah mulai diajarkan untuk berusaha mencari tahu hal-hal yang ingin diketahuinya sendiri. Yang terlihat sudah mulai bisa menerapkan ini tentu saja Abdan, karena sudah bisa membaca dan berinternet. Walaupun untuk berintenet tentang hal-hal yang baru masih harus didampingi. Seringkali dia menanyakan arti kata-kata dalam Bahasa Inggris, maka aku memperkenalkannya dengan Google Terjemah. Selain untuk melatih menggunakan kamus online, juga kadang-kadang kata-kata yang ditanyakannya aku juga belum tahu. Untuk mempermudah anak-anak mengakses, aku taruh shortcut Google Terjemah ini di browser yang biasa kami pakai.

Pernah juga Abdan menanyakan arti kata-kata dalam Bahasa Indonesia. Akhirnya aku mengunduhkan untuknya Kamus Besar Bahasa Indonesia versi offline. Untuk hal-hal yang dia ingin tahu lainnya, tentu saja Google menjadi mesin pencari andalan.

Mudah-mudahan nantinya anak-anak bisa menjadi pembelajar mandiri. Karena segala sesuatu menjadi tak mustahil untuk dikuasai bila kita memiliki kualitas seorang pembelajar mandiri.

About Rika

Bunda 3 anak yang mudah-mudahan selalu bersemangat belajar. Sedang hobi memasak, terutama memasak kue. Suka membaca dan menulis. Saat ini, sedang berusaha bergulat menyeimbangkan antara pekerjaan rumah sehari-hari tanpa asisten rumah tangga dan meng-home education-kan ketiga anaknya, Abdan Syakuro, Aisha Ain Al Saba dan Aqilla Ibtihal Imani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s